KAJEN - Pemerintah Kabupaten Pekalongan, akan mempunyai gedung Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) yang berkonsep milenial. Hal tersebut diungkapkan Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si saat meninjau pembangunan gedung Dinkominfo yang berada di Jalan Krakatau (sebelah Dinsos) Kabupaten Pekalongan, Senin, (9/12/2019).

 

"Hari ini saya sengaja mengecek kesiapan untuk penyelesaian pembangunan gedung kantor Dinkominfo yang baru. Gedung yang baru kita bangun dengan konsep representatif dan milenial. Hal ini guna menjawab tantangan zaman," kata Bupati Asip.

Menurut Bupati Asip, nantinya gedung ini akan menjadi pusat data dan informasi publik. "Siapapun yang membutuhkan data dan informasi, ada di gedung ini," ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Bupati, di gedung ini juga terdapat control room, ruang serverpress room, studio dan pusat pelayanan informasi publik. "Pelaksanaan Elektronik government akan dioptimalkan. Semua yang berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah, dimulai dari e-planning sampai tahap akhir pembangunan akan bisa terpantau oleh masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan, H. Anis Rosidi, S.Sos.,M.Si pembangunan gedung baru ini ditargetkan selesai pada bulan Desember ini. "Anggaran pembangunan menggunakan APBD sebesar Rp 4,479 miliyar. Harapannya, tahun 2020 sudah bisa berfungsi sebagai pusat data dan informasi publik sekaligus kantor Kominfo," katanya.

Anis menambahkan gedung ini akan dilengkapi dengan pusat data, command center, dan studio untuk mengolah hal-hal yang berkaitan dengan digitalisasi. "Kita juga menyediakan tempat untuk pelatihan TIK, kemudian press room untuk teman-teman media, serta pusat persandian dan telekomunikasi," tambahnya. (red)