• +62 285 381781
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Ratusan Petani Tembakau di Kabupaten Pekalongan Terima BLT DBHCHT Tahap II

Ratusan Petani Tembakau di Kabupaten Pekalongan Terima BLT DBHCHT Tahap II

KAJEN – Ratusan petani tembakau di Kabupaten Pekalongan menerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahap II Tahun Anggaran 2023.


BLT DBHCHT diserahkan oleh Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, kepada sebanyak 336 petani dan buruh tani di wilayah Kecamatan Petungkriyono, Selasa (26/09/2023), di Gedung Biru PGRI Petungkriyono.
Sebelumnya, Bupati Fadia Arafiq menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penyandang disabilitas Petungkriono, Winda Amalia, dan Elisiana dari Kecamatan Paninggaran.

DBHCHT Tahap II Petung dan Paninggaran 3
Bupati dalam sambutannya berharap BLT dapat bermanfaat bagi para petani tembakau dan keluarganya. “Bapak ibu para petani tembakau, kadang-kadang kita mengalami musim sedang baik, ada musimnya kadang sedang kurang baik. Oleh sebab itu, kami pemerintah Kabupaten Pekalongan, saya sebagai bupati, wajib mensupport, berupaya agar petani bisa mendapatkan bantuan. Meskipun tidak banyak, mudah-mudahan bermanfaat, untuk menambah modal atau membantu memenuhi kebutuhan keluarga,” tuturnya.

DBHCHT Tahap II Petung dan Paninggaran 2
Selain menyalurkan BLT, untuk mendukung usaha para petani tembakau, Pemerintah Kabupaten Pekalongan juga menyalurkan bantuan 2 unit alat perajang tembakau, pengering tembakau dan 10 ton pupuk organik. Pemkab juga membangun 1 paket jalan usaha tani dan memberikan bantuan ternak sapi untuk 9 kelompok. “Berbagai macam bantuan kita turunkan setiap tahun, walaupun saya yakin masih kurang,” imbuh bupati.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan, Yudhi Himawan dalam laporannya menyampaikan, petani di wilayah Petungkriyono yang menerima BLT terdiri atas 44 petani tembakau dari Desa Curugmuncar, 257 petani tembakau dari Desa Simego, dan 35 orang dari Desa Tlogopakis.
Selain kepada petani dan buruh tani tembakau di wilayah Kecamatan Petungkriyono, Pemkab Pekalongan juga akan menyalurkan BLT DBHCHT Tahap II, kepada 37 petani dan buruh tani tembakau di wilayah Kecamatan Paninggaran, pada Rabu (27/09/2023) di Aula Kecamatan Paninggaran. Penerima BLT terdiri atas 25 petani dan buruh tani di Desa Domiyang dan 12 petani dan buruh tani di Desa Tenogo.

DBHCHT Tahap II Petung dan Paninggaran 4
Dijelaskan Yudhi, nominal BLT DBHCHT Tahun Anggaran 2023 yang disalurkan yaitu Rp. 300.000 per bulan selama 4 bulan, yang diberikan dalam 2 tahap. “Tahap I untuk alokasi bulan Juni – Juli total yang diterima Rp. 600.000 per orang dan sudah disalurkan pada bulan Agustus,” ujar Yudi.
Pada tahap II untuk alokasi bulan Agustus – September ini, para petani tembakau kembali menerima BLT sebesar Rp. 600.000 per orang.

DBHCHT Tahap II Petung dan Paninggaran 5
Penyaluran BLT DBHCHT dihadiri Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Pekalongan, Kepala Dinas PMD Kepala DPU Taru, Kepala Dinkominfo, DKPP Kabupaten Pekalongan, dan para kabag Setda Kabupaten Pekalongan, Camat Petungkriyono, Camat Paninggaran, dan tokoh masyarakat setempat.*) Tim Dinkominfo Kab. Pekalongan


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.