DINKOMINFO ADAKAN KEGIATAN SOSIALISASI PELAYANAN PEMERINTAHAN DESA BERBASIS TI

23 Desember 2019

KAJEN - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan mengadakan Kegiatan Sosialisasi Pelayanan Pemerintahan Desa Berbasis TI, Jumat (20/12/2019). Acara Sosialisasi diikuti oleh Sekretaris Kecamatan dan Sekretaris Desa dari seluruh Kecamatan dan Desa di Kabupaten Pekalongan.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan Anis Rosidi, S.Sos.,M.Si. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan bahwa seluruh desa harus sadar akan teknologi informasi dalam pelayanan pemerintahan. Beliau juga menyampaikan pentingnya masing-masing desa untuk mempunyai website. Hal ini disebabkan karena dengan adanya website, potensi masing-masing desa dapat diketahui oleh masyarakat. Selain itu, website juga berfungsi untuk menginformasikan laporan keuangan, data penduduk, dan lain-lain. Dalam akhir sambutannya, Beliau menyampaikan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan siap untuk memfasilitasi desa dalam membuat website dan domain website.

Acara diisi oleh Kasi Pengembangan Aplikasi dan Informatika Dinkominfo Ari Wahyu Mukti Wibowo, S.Kom. Dalam paparannya Beliau menyampaikan tentang Pembangunan Pedesaan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Beliau menyampaikan bahwa pembangunan pedesaan dewasa ini mengalami perubahan signifikan dalam konsep maupun prosesnya. Beliau juga menyampaikan tentang pentingnya pembuatan website untuk masing-masing desa. Hal ini dikarenakan website memiliki banyak manfaat, yaitu: mempromosikan keberadaan desa kepada masyarakat luas, dapat menyediakan informasi yang lengkap tentang desa, mempermudah untuk dapat mengumpulkan tanggapan kritik dan saran dari masyarakat dunia terhadap mutu pelayanan desa, dan lain-lain.  Pembangunan pedesaan berbasis TI ini dilakukan melalui proses yang direncanakan secara bertahap. Hal tersebut diawali dengan mengembangkan membangun website desa-desa dengan domain desa.id, migrasi ke teknologi open source, pengembangan aplikasi desa, hingga membangun interkoneksi desa-desa yang mendukung pengambilan inisiatif pembangunan desa. Di akhir sambutannya, Beliau menyampaikan langkah-langkah pendaftaran domain desa.id.

Langkah-langkah Pendaftaran Domain desa.id adalah sebagai berikut:

  1. Mendaftar akun di https://layanan.kominfo.go.id/
  2. Membuat email mail.go.id di htpps://layanan.kominfo.go.id/bpm/services
  3. Verifikasi akun mail.go.id di htpps://layanan.kominfo.go.id/account/user/verification
  4. Membuat permohonan domain desa.id di htpps://layanan.kominfo.go.id/bpm/services
  5. Konfirmasi akun domain desa.id https://layanan.kominfo.go.id/bpm/todo
  6. Mengubah nameserver domain desa.id sesuai dengan hosting yang digunakan
  7. Selesai

Sedangkan syarat-syarat untuk pendaftaran domain desa.id adalah sebagai berikut :

  1. SK Kepala Desa
  2. SK Perangkat Desa (yang ditunjuk sebagai admin website)
  3. Surat Kuasa untuk Perangkat Desa
  4. Surat Permohonan Pendaftaran Domain desa.id
  5. Dokumen dentitas Pribadi (KTP). (red)