DINKOMINFO ADAKAN PELATIHAN JURNALISTIK DAN PENGELOLAAN KONTEN MEDSOS

19 Februar1 2020

KAJEN - Dinas Kominfo Kabupaten Pekalongan mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Pengelolaan Konten Media Sosial dan Website Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Selasa (18/02/2020).

Kegiatan yang bertempat di aula Dinas Kominfo dihadiri oleh Kepala Dinkominfo, Kabid Kehumasan Dinkominfo, staf bagian kehumasan, serta rekan-rekan dari beberapa media.

Dalam sambutannya, Kepala Dinkominfo Anis Rosidi,S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa Tupoksi Kominfo adalah untuk "menjual" potensi Kabupaten Pekalongan, sepak terjang OPD serta pembangunan yang ada di Kabupaten Pekalongan. Terkait dengan hal tersebut, maka perlu adanya pembekalan untuk staf Dinkominfo dalam membuat berita agar konten berita dapat menjual. Selain itu perlu juga disampaikan bagaimana ide menulis berita serta teknik untuk menjual. Beliau juga menambahkan bahwa "creative is unlimited". Jadi diharapkan Dinkominfo dapat senantiasa mengembangkan kreativitas dalam menulis berita.

Kegiatan pelatihan diisi oleh narasumber yang merupakan jurnalis senior, Muhammad Burhan. Dalam pengisiannya, beliau menyampaikan syarat informasi dapat dijadikan berita antara lain informasi tersebut harus bersifat unik, menjadi tren, human interest, proximity, magnitude, impact, serta prominence. Dalam menulis suatu berita hendaknya dalam bentuk fakta, imbuhnya.

Beliau menambahkan, berita yang dirilis oleh Dinas Kominfo sedapat mungkin harus mendukung visi misi Bupati. Sesuai arahan dari Kepala Dinkominfo, bahwa berita yang dirilis harus dapat "menjual" semua pembangunan yang ada di Kabupaten Pekalongan. (red)