Kajen - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan akan melaksanakan IT Security Assessment (ITSA) oleh BSSN. Kick off ITSA dilakukan di aula Dinkominfo Kabupaten Pekalongan dimulai pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinkominfo Kabupaten Pekalongan, Sekretaris Dinkominfo Kabupaten Pekalongan dan seluruh karyawan serta tim dari BSSN. Selain itu juga dihadiri oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) dan BKD Diklat Kabupaten Pekalongan sebagai Badan yang mengelola aplikasi yang akan diuji selain aplikasi portal yang dikelola oleh Dinkominfo Kabupaten Pekalongan (01/09/2020).


Tahun ini BSSN hanya melakukan assessment aplikasi pada 48 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dan Kabupaten Pekalongan menjadi salah satu kabupaten yang terpilih untuk dilakukan assessment aplikasi oleh BSSN. Tim dari BSSN yang akan melakukan assessment di Kabupaten Pekalongan adalah Bapak Kurniawan, Bapak Kukuh Bangun Laksono, dan Ibu Kuni Inayah.

kick off itsa oleh bssn 1

Tujuan kegiatan assessment aplikasi di antaranya adalah untuk memverifikasi terhadap kemungkinan menerobos keamanan infrastruktur dari perspektif eksternal (internet), untuk mengetahui tingkat keamanan aplikasi, dan memberikan peringkat kerentanan berdasarkan tingkat ancaman, potensi kerugian, dan kemungkinan eksploitasi.

Aplikasi yang akan diuji berdasarkan kesepakatan adalah website pekalongankab.go.id, aplikasi simpeg (simpeg.pekalongankab.go.id), dan aplikasi BPHTB (e-pajak.pekalongankab.go.id)
Kegiatan yang dimulai dari tanggal 31 Agustus 2020 ini direncanakan akan selesai tanggal 4 September 2020.