• +62 285 381781
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Webinar Sensus Penduduk 2020 Wujudkan Satu Data oleh BPS Kabupaten Pekalongan, Kepala Dinkominfo Menjadi Salah Satu Narasumber

Kajen - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan, Anis Rosidi, S.Sos., M.Si. menjadi salah satu narasumber dalam acara "Webinar Sensus Penduduk 2020 Wujudkan Satu Data" Kabupaten Pekalongan yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Pekalongan (15/10/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk menekankan bahwa data saat ini menjadi hal yang sangat penting, sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan "Data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita, kini data lebih berharga dari minyak."

narasumber satu data bps 2

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan menyampaikan hal terkait Kajen Satu Data. Kajen Satu Data yang sedang dibangun ini akan terintegrasi dengan portal open data Kabupaten Pekalongan www.data.pekalongankab.go.id yang mana portal data tersebut telah terintegrasi dengan portal data Provinsi Jawa Tengah dan portal Satu Data Indonesia.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika juga menyampaikan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai walidata mempunyai tugas untuk mengumpulkan, memeriksa, dan mengelola data yang disampaikan oleh produsen data. Kajen Satu Data akan sangat bergantung dan dipengaruhi adanya ketersediaan data dan informasi dari masing-masing sektor maupun wilayah yang dimiliki oleh Perangkat Daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Saat ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan bekerja sama dengan seluruh OPD di Kabupaten Pekalongan sedang berupaya untuk mengintegrasikan data-data sectoral yang masih tersebar di OPD Kabupaten Pekalongan dan belum terintegrasi ke dalam aplikasi Kajen Satu Data. Kajen Satu Data nantinya diharapkan akan menjadi Big Data Pemerintah Kabupaten Pekalongan yang akan menampung seluruh informasi data pembangunan yang mudah diakses.


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.