DINAS KOMINFO LAKSANAKAN KEGIATAN TRAINING ADMIN KAJEN SATU DATA
Cetak

DINAS KOMINFO LAKSANAKAN KEGIATAN TRAINING ADMIN KAJEN SATU DATA

WhatsApp Image 2021 12 16 at 16.48.29

KAJEN – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan melaksanakan kegiatan Training Admin Kajen Satu Data (KSD) selama dua hari, pada hari Rabu-Kamis (15-16/12) di Aula Lantai 3 Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan dengan KOMPAK.

Acara dihadiri Kepala Dinkominfo, Anis Rosidi, S.Sos., M.Si., Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government, Abdul Azis, S.E., M.Si., Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi Informatika, Ari Wahyu Mukti Wibowo, S.Kom. beserta staf Dinkominfo. Acara diikuti oleh para Admin Kajen Satu Data dari 3 kecamatan yang dijadikan pilot project, yaitu kecamatan Petungkriyono, kecamatan Tirto, dan Kecamatan Kesesi. Admin terdiri atas Korwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Puskesmas, serta operator desa di masing-masing kecamatan. Hari ke-1 diikuti oleh admin kecamatan Petungkriyono dan kecamatan Tirto, sedangkan hari ke-2 diikuti oleh admin kecamatan Kesesi.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Ari Wahyu Mukti Wibowo, S.Kom., Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi Informatika Dinkominfo Kab. Pekalongan, Muhlisin Alahuddin, A.Md., Pranata Komputer Dinas Sosial Kab. Pekalongan, Inna Firindra Fatati S.Stat., Bappeda Litbang, Richaeni Martina, S.E., Dinperindagkopukm Kab. Pekalongan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan, Anis Rosidi, S.Sos., M.Si. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada tim Kajen Satu Data Kabupaten Pekalongan dan KOMPAK atas terselenggaranya acara ini. “Saya sangat berharap keberlangsungan Kajen Satu Data, admin harus secara rutin melakukan update data agar data yang dihasilkan adalah data yang akurat, terpadu, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan”, ujarnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Dinkominfo, Abdul Azis, S.E., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kebijakan tata kelola data pemerintah yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan sangat diperlukan dalam era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini. “Dalam rangka mewujudkan tata kelola data pemerintah yang akuntabel tersebut, maka diperlukan aplikasi terpadu, yaitu Kajen Satu Data (KSD)”, ujarnya.

Dalam acara Training Kajen Satu Data dikenalkan pengoperasian aplikasi Kajen Satu Data (KSD), mulai dari pengenalan modul, input data, import data, helpdesk dan trobleshooting. Dalam acara ini juga berlangsung diskusi yang cukup menarik dengan para peserta. (aw26)